Senin, 23 November 2009

Revolusi Bajaj

Kancil (kendaraan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

http://id.wikipedia.com

Langsung ke: navigasi, cari
Gambar kendaraan kancil

Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta.

Desain dan manufaktur

Mobil kancil direncanakan, dirancang, didisain, dan dikembangkan dengan beberapa komponen yang dikembangkan bersama berbagai industri komponen dalam dan luar negeri, dan Politeknik Mekanik Swiss (sekarang POLMAN) Bandung untuk sistem Front knuckle arm. Verifikasi dan pengujian konstruksi dilakukan di Laboratorium Dinamika Pusat Antar Universitas, Institut Teknologi Bandung.

Mesin dibuat oleh Fuji Heavy Industri , pabrikan mobil Subaru, Jepang. Rear Axle dibuat oleh Fuji Machineries, juga dari Jepang. Transmissi otomatis (CVT, Torque Converter) dibuat oleh Huffco-Comet, Amerika Serikat. Sedangkan panel fibre glass body dibuat oleh PT. Induro, Tangerang.[rujukan?]

Kelayakan

Mobil KANCIL memenuhi syarat layak jalan dari Departemen Perhubungan setelah memenuhi dan melalui beberapa syarat pengujian. Begitu juga wewenang untuk membuat Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) dimiliki oleh PT. KANCIL. NIK (dalam bahasa Inggris: Vehicle Identification Number) sangat penting untuk dapat diakui oleh instansi kepolisian sebagai dasar pembuatan BPKB dan STNK.

Spesifikasi

  • Dimensi Utama (panjang x lebar x tinggi) : 2.800 x 1.385 x 1.720 mm.
  • Wheel base - 2.100 mm.
  • Thread - 1.200 mm.
  • Gross Vehicle Weight - 850 kg.
  • Turning radius : 4,5 m.
  • Engine : bensin, 1 silinder, 404 cc, 4 langkah, EH41 DUS.
  • Power (max) : 13,5 hp (3.600 rpm).
  • Torque (max): 28,4 Nm (2.500 rpm).
  • Transmission : Continuous Variable Transmission (CVT) rasio tertinggi 0,6 : 1, rasio terendah 3,4 : 1.
  • Steering : Rack & Pinion Gear.
  • Front Suspension : Double control arm, transverse single leaf spring, hydraulic shock absorber.
  • Rear Suspension : Trailing arm, Coil spring, hydralic shock absorber.
  • Rear Axle : Rigid Transaxle, Differensial final ratio 10,7 : 1 dengan reverse gear.
  • Brake : Drum brake, 2 hydraulic circuits.
  • Battery : 12 V 24 Ah.
  • Tire : 5.00-10, 6PR.
  • Kapasitas Tanki : 20 liter.
  • Kecepatan (maks) : 58 km/jam.
  • Daya tanjak : 51 % (26,9 derajat).
  • Percepatan 0 n- 50 km/jam (beban penuh) : 15,1 detik
  • Jarak pengereman dari 35 km/jam (beban penuh) : 9,2 m dalam 1,7 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Comment Please...